SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG
Terus Bergerak

Senin, 16 Desember 2013

Menakar Peluang Caleg Golkar Dapil Sulsel II (Makassar B)

Maqbul Halim
Partai Golongan Karya akan bekerja keras demi mencapai target yang diingikan pada pemilu legislatif (pileg) 2014. Tak tanggung-tanggung, partai peraih kursi terbanyak di DPRD Sulsel pada Pemilu 2009 lalu ini mematok kursi yang ingin diraihnya pada pileg mendatang sebanyak 33 kursi dari 11 daerah pemilihan (dapil) yang tersebar di 24 kabupaten kota.

Artinya, jika dihitung-hitung dengan caleg yang didorong saat ini, partai besutan Aburizal Bakrie ini harus mendapatkan 2-3 jatah kursi di tiap dapil yang diperebutkan.

Khusus untuk dapil Sulsel II, Makassar B, partai beringin ini patut tersenyum, karena persaingan di dapil tersebut kurang sengit. Sehingga dipastikan 1 kursi sudah aman dikantongi. Direktur Eksekutif Indeks Politika Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir menjelaskan, menurut analisisnya, ada empat partai yang sudah pasti mendapatkan kursi di dapil yang memperebutkan 6 kursi dari 72 caleg yang mengincar kursi DPRD Sulsel. Partai tersebut masing-masing adalah Golkar, Demokrat, PKS, dan Hanura.

Prediksi IPI ini bersandar pada hasil survei terakhir mereka di dapil yang meliputi empat kecamatan; Panakkukang, Manggala, Biringkanaya, dan Tamalanrea ini. IPI mempertimbangkan akumulasi elektabilitas caleg dan parpol, serta memprediksi pergerakan tren caleg dan parpol dalam memprediksi perkiraan hasil pileg nantinya.

“Jadi Golkar sebenarnya sudah pasti mendapatkan kursi, walau menurut analisis kami, untuk sementara baru 1 kursi yang bisa dikatakan aman sebagai jatah Golkar. Namun untuk mendapatkan kursi lebih, Golkar harus berjuang ekstra keras, karena pesaing dari partai lain juga tidak bisa dianggap remeh,” tegas Suwadi, Senin (9/12).

Dia membeberkan, ada beberapa caleg Golkar yang diperhitungkan sebagai penggalang suara atau caleg yang bakal berkontribusi besar terhadap akumulasi perolehan suara. Yang paling menonjol di internal adalah caleg yang berupaya naik kelas dari DPRD Kota Makassar, Imran Tenri Tata Amin.
Putra pasangan bekas Gubernur Sulsel-bekas calon Walikota, Amin Syam-Apiaty Kamaluddin, ini pada September lalu saja, menempati peringkat 4 besar dengan elektabilitas 4,35 persen.

Caleg lainnya seperti Amirullah Tahir, Maqbul Halim dan Usman Genda, diakui Suwadi juga diprediksi memiliki peluang besar terpilih sebagai anggota dewan. Terpisah, Manager Strategi Pemenangan Jaringan Suara Indonesia (JSI), Irfan Jaya, menilai empat caleg Golkar itu patut diperhitungkan sebagai penggalang suara. Dia menjelaskan, mereka sudah tidak asing lagi di dunia politik. Selain itu Golkar juga memiliki basis pemilih tradisional yang cukup besar di Makassar.

“Tentunya Partai Golkar layak diunggulkan karena memang partai ini punya basis pemilih tradisional. Jika partai lain masih harus up grading partainya, bagi kader Golkar tentu pekerjaan seperti itu sudah terselesaikan. Jadi tugas kader Golkar adalah mensosialisasikan calegnya karena elektabilitas parpol cukup menjanjikan,” kata Irfan, malam tadi.

Meski Golkar layak diunggulkan, akan tetapi, lanjut Irfan, tingginya elektabilitas parpol dan modal caleg yang populer tidak bisa dijadikan sebagai jaminan untuk tidak bekerja.

“Mereka memang punya potensi, akan tetapi kompetisi sangatlah ketat. Tiga sampai empat bulan ke depan adalah kompetisi yang sangat keras. Tidak ada waktu untuk bersantai. Siapa yang bersantai maka dia yang akan terhempas dari kompetisi. Baik dikalahkan oleh sesama caleg internal atau disingkirkan oleh caleg dari partai lain. Dengan rentan waktu yang tersisa, belum bisa dipastikan berapa raihan kursi yang memungkinkan diperoleh Golkar,” ingatnya.

Sementara Golkar sendiri optimistis mampu mendapatkan 3 kursi di dapil ini. Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel Arfandy Idris menyebutkan, partainya menargetkan 3 kursi per dapil. Sehingga target keseluruhan adalah 33 kursi DPRD Sulsel.

“Dan kita optimis bisa mencapai target itu. Kalaupun ada dapil yang misalnya tidak mencapai target, anggaplah hanya dua kursi, kan bisa ditutupi oleh perolehan kursi di dapil lain, sehingga target total masih terpenuhi,” tandas Arfandy. (abe-rud)
CALEG GOLKAR DAPIL SULSEL II
1. IMRAN TENRI TATA AMIN
2. IR. ISLAHWATY ISRAIL
3. AMIRULLAH TAHIR
4. EMMA PRIMITA
5. MAQBUL HALIM
6. USMAN GENDA

Sumber : http://rakyatsulsel.com/menakar-peluang-caleg-golkar-dapil-sulsel-ii-makassar-b.html
Akses : Senin, 16-12-2013

Tidak ada komentar:

follow me @maqbulhalim